Kami

Kami

Sunday 4 October 2009

Gizi Mikro

Gizi Kurang – protein – kurang gizi untuk energi

Penyebab

Kurang gizi akut disebabkan oleh tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup atau makanan yang baik (dari segi kandungan gizi) untuk satu periode tertentu untuk mendapatkan tambahan kalori dan protein (untuk melawan) muntah dan mencret (muntaber) dan infeksi lainnya.

Gizi kurang kronik disebabkan karena tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup atau makanan yang baik dalam periode/kurun waktu yang lama untuk mendapatkan kalori dan protein dalam jumlah yang cukkup, atau juga disebabkan menderita muntaber atau penyakit kronis lainnya.

Gejala dan akibat

Gizi kurang akut biasanya mudah untuk dideteksi, berat badan anak akan kurang dan kurus – mereka akan memiliki tinggi badan yang tidak sesuai dengan grafik pertumbuhan dan meningkatkan resiko terkena infeksi.

Gizi kurang yang kronik lebih sulit diidentifikasi oleh suatu komunitas – anak akan tumbuh lebih lambat daripada yang diharapkan namun pemeriksaan berat dan tinggi badan akan menunjukan bahwa mereka memiliki berat yang kurang pada grafik pertumbuhan anak – misalnya kerdil. Gizi kurang kronik dapat mempengaruhi perkembangan otak dan psikologi anak dan meningkatkan resiko terkena infeksi.

Kekurangan zat besi

Penyebab

Tidak cukup mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, juga perempuan yang terlalu sering hamil dan memiliki anak, malaria, cacing tambang dan menstruasi meningkatkan resiko kekurangan zat besi

Gejala dan Akibat

Kekurangan zat besi mempengaruhi perkembangan otak dan psikologi anak-anak, dan membuat orang menjadi malas dan lebih mudah terkena infeksi.

Kekurangan yodium

Penyebab

Tidak mengkonsumsi makanan yang kaya akan yodium dalam jumlah yang cukup

Gejala dan Akibat

Kekurangan yodium pada perempuan hamil dapat menyebabkan kelahiran mati dan meningkatkan resiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah dan pada tingkat kekurangan yang parah dapat menyebabkan cacat permanent dan bayi lahir dengan tingkat intelegensi dan kemampuan gerak yang rendah dari biasanya/harusnya. Kekurangan iodium juga menimbulkan kelelahan dan pembesaran kelenjar tiroid – gondok.

Kekurangan vitamin A

Penyebab

Tidak makan makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, hal ini juga dapat diperburuk oleh infeksi, terutama campak.

Gejala dan Akibat

Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan dan masalah2 mata – xeropthalmia – dan juga mengurangi ketahanan terhadap infeksi lainnya

No comments:

Subscribe

Flickr